Ininnawa mitu denre sisappa, sipudoko, sirampe teppaja. Hanya budi baik yang akan saling mencari, saling menjaga, dalam kenangan tanpa akhir. (Pepatah Bugis)

Halaman Depan > Komunitas Ininnawa > Meneropong Sejarah Sulsel

Meneropong Sejarah Sulsel

Kamis 8 Maret 2007, oleh admin

Judul: Warisan Arung Palakka: Sejarah Sulawesi Selatan Abad ke 17
Penulis: Leonard Y. Andaya
Penerbit: Ininnawa
Cetakan: II, Mei 2004
Tebal: xxiv+469 Halaman

BUKU ini merupakan salah satu buku sejarah daerah di Indonesia, yaitu sejarah Sulawesi Selatan. Buku yang sangat menarik untuk dibaca, karena memaparkan sejarah panjang mulai dari perdebatan nama Makassar dan Ujung Pandang; siapakah sang pahlawan Sultan Hasanudin atau Arung Palakka; siapakah yang menunggangi atau ditunggangi dalam usaha penyerangan kerajaan Gowa, Arung Palakka atau VOC?

Begitu pula isu penting lainnya yang belum banyak dikenal publik seperti, perbedaan konsep hukum Eropa dan Sulawesi Selatan yang punya andil besar menimbulkan konflik terbuka VOC dan Gowa. Latar belakang pribadi Arung Palakka dan Speelman yang mendorong mereka ’menafsir ulang’ perintah Batavia, dan mengadakan serangan total ke Makassar. Apa yang terjadi pada rakyat Gowa setelah jatuhnya Somba Opu, efeknya di seluruh Nusantara dan tentang dinamika perpindahan persekutuan kerajaan-kerajaan di masa peralihan kekuasaan yang berubah secara drastis menjelang dan setelah kejatuhan ini.

Buku ini sangat menarik untuk dibaca, beragamnya isu yang muncul dalam buku ini tentu tidak lepas dari beragamnya bahan yang digunakan dalam menyusun buku ini, dengan usaha bertahun-tahun mengumpulkan dan merajut bahan dari naskah lontar dan cerita-cerita rakyat berbagai daerah di Sulawesi Selatan, serta syair gubahan orang Makkasar keturunan Melayu, dengan laporan dan surat-menyurat VOC, catatan perjalanan serta tulisan-tulisan ilmiah, yang berasal dari Eropa. Tidak mengherankan jika buku ini menjadi semacam magnum opus kajian wilayah Sulawesi Selatan.(Pusat Data Redaksi).