Ininnawa mitu denre sisappa, sipudoko, sirampe teppaja. Hanya budi baik yang akan saling mencari, saling menjaga, dalam kenangan tanpa akhir. (Pepatah Bugis)

Halaman Depan > Komunitas Ininnawa > Buku yang Segera Terbit

Buku yang Segera Terbit

Senin 5 Maret 2007, oleh admin

Kuasa dan Usaha di Masyarakat Sulawesi Selatan

Buku ini merupakan tulisan sejumlah ahli Sulawesi Selatan seperti Christian Pelras, Anthony Reid, Heather Sutherland, Roger Tol, Birgitt Röttger-Rössler, Martin Rössler, dan lainnya.

Buku ini merekam beberapa kajian historis dan antropologis masyarakat Sulawesi Selatan; misalnya tentang Pluralisme di Makassar awal abad ke-17, Komunitas Pedagang Wajo di Makassar dan Pencarian Teripang di abad ke-18, hubungan patron-klien di Masyarakat Bugis, ritual dan relasi gender di masyarakat Makassar, diaspora Bugis di kawasan Danau Lindu Sulawesi Tengah, dan sebagainya.

Syair Perang Mengkasar

Buku berisi syair berima ini ditulis oleh Enci’ Amin, sekretaris pribadi Sultan Hasanuddin. Syair panjang ini ditulis tak lama setelah perang Makassar yang menyebabkan kerajaan Goa runtuh. Karya ini menuturkan dengan lancar kejadian-kejadian secara detil selama masa perang itu. Dilengkapi dengan pengantar dan catatan yang komprehensif yang sangat membantu pembaca memahami konteks dan tokoh-tokoh historis dalam karya sastra ini. singkatnya, inilah reportase perang yang ditulis dengan gaya syair berima berbahasa Melayu.

Diaspora Bugis

Buku ini membahas tuntas penyebaran manusia-manusia Sulawesi Selatan di Nusantara dan sekitarnya. Buku ini pun sebuah kumpulan tulisan dari pakar semisal Andi Faisal Bakti, Christian Pelras, Barbara Watson Andaya, Leonard Andaya, dan lainnya.

Bahaya Laten Malam Pengantin

Buku yang berisi 80-an sajak Aslan Abidin, salah seorang penyair terkemuka Sulawesi Selatan.